Tautan-tautan Akses

Belanda Adakan Upacara Mengenang Korban Pesawat MH17


Upacara mengenang para korban tewas pesawat Malaysia Airlines MH17 diadakan di Amsterdam Senin (10/11).

Upacara mengenang para korban tewas pesawat Malaysia Airlines MH17 diadakan di Amsterdam Senin (10/11).

Belanda mengadakan upacara untuk mengenang para korban tewas pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17, di Amsterdam Senin (10/11).

Ratusan kerabat dan pejabat hari Senin menghadiri (10/11) upacara di Amsterdam untuk mengenang para korban tewas pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17, yang ditembak jatuh di atas Ukraina timur Juli lalu.

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima, bersama Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, menghadiri upacara yang diadakan di pusat konferensi di pinggiran ibukota Belanda.

Ke-298 penumpang dan awak pesawat, umumnya warga Belanda, tewas ketika Boeing 777 yang sedang dalam penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur ditembak jatuh tanggal 17 Juli di atas Ukraina timur yang dilanda konflik.

Ukraina dan negara-negara Barat menyalahkan separatis yang didukung Rusia, mengklaim mereka menembakkan rudal BUK yang dipasok Rusia untuk menjatuhkan pesawat itu.

Separatis membantah terlibat penembakan jatuh pesawat tadi. Pemerintah Rusia membantah memasok rudal itu dan menuduh Ukraina menyebar informasi palsu.

Hari Senin, Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh pemerintah Ukraina menghalangi penyelidikan kecelakaan itu.

Berbicara dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razik di sela-sela KTT APEC di Beijing, Putin mengklaim pasukan pemerintah Ukraina, bukan separatis, membatasi akses ke lokasi kecelakaan dengan "terus menembaki" daerah itu.

XS
SM
MD
LG