Tautan-tautan Akses

Untuk Pertama Kalinya, Pencarian di Google Lebih Banyak Lewat Perangkat Mobile daripada PC

  • Associated Press

Google

Google

Mesin pencarian Google tiba di titik bersejarah dalam pergeseran teknologi ke ponsel. Lebih banyak pencarian kini dilakukan di perangkat mobile daripada komputer pribadi di AS dan banyak negara lain.

Tonggak sejarah yang diumumkan di konferensi periklanan digital hari Selasa (5/5) menjadi pengingat bahwa perilaku online telah berubah dengan drastis sejak tahun 2007. Tahun 2007 adalah pertama kalinya Apple meluncurkan iPhone pertama mereka, dan kemudian muncul perangkat serupa yang mempermudah orang untuk tetap terhubung dengan internet di manapun mereka berada.

Peluncuran iPhone tersebut mengguncang produsen PC dan perusahaan-perusahaan teknologi lainnya seperti Microsoft yang bisnisnya terkait dengan penjualan desktop dan laptop. Google berhasil beradaptasi lebih baik daripada perusahaan lainnya, sebagian besar karena mesin pencarian dan layanannya yang lain yang dipasang di sistem operasi milik Google yang populer, Andorid, tapi bukan berarti Google tidak terkena dampak.

Harga iklan Google rata-rata terus menurun selama tiga setengah tahun terakhir, sebagian karena para pemasar tidak mau membayar harga yang tinggi untuk pesan-pesan komersil yang ditampilkan di layar kecil ponsel. Namun Google mengatakan harga iklan di perangkat mobile meningkat dan akan terus meningkat karena para pemasar mulai menyadari pentingnya terhubung dengan calon konsumen tepat saat mereka membutuhkan tempat untuk makan, atau membandingkan produk di ponsel ketika mereka sedang berada di toko.

"Masa depan mobile adalah sekarang," kata Jerry Dischler, vice president Google Inc. yang bertanggungjawab untuk layanan "AdWords" perusahaan tersebut untuk menciptakan kampanye pemasaran online.

Selain di AS, pencarian di Google lewat perangkat mobile meningkat di sembilan negara lainnya. Jepang adalah satu-satunya negara yang disebut oleh Google.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View, California itu tidak memperinci berapa banyak pencarian yang dilakukan lewat perangkat mobile yang tercatat. Google memproses lebih dari 100 milyar permintaan pencarian di seluruh dunia setiap bulan, termasuk pencarian lewat PC.

Sebagai bagian dari transisi mobile, bulan lalu Google merombak sistem rekomendasi pencarian dan mengutamakan website yang lebih mudah dibaca dan dimuat di ponsel. Perubahan tersebut, yang dikenal dengan "Mobilegeddon," memaksa jutaan website membuat perubahan untuk memastikan website mereka bisa diakses dengan baik di ponsel agar tidak diturunkan dalam peringkat hasil mesin pencarian Google.

Google juga sudah memperkenalkan format periklanan yang cenderung berfungsi lebih baik di perangkat mobile. Contohnya, kamar kini bisa dipesan di iklan hotel, dan iklan mobil kini bisa digeser atau di-swipe untuk mempermudah membandingkan toko.

Selain mengumumkan tongkat sejarah dalam pencarian mobile, Google pada hari Selasa (5/5) juga memperkenalkan layanan untuk membandingkan tingkat suku bunga KPR di AS. Produk itu juga diperluas ke layanan serupa untuk polis asuransi mobil yang diumumkan Google di California bulan Maret lalu. Google kini menambahkan tiga negara bagian lagi, Texas, Illinois dan Pennsylvania pada layanan asuransi mobil itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG