Tautan-tautan Akses

Universitas Utah Buat Jalur Khusus untuk Mahasiswa Pecandu Ponsel

  • Associated Press

Seorang pria menyeberang jalan di Washington sambil mengetik pesan teks di ponselnya (Foto: dok/ AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)

Seorang pria menyeberang jalan di Washington sambil mengetik pesan teks di ponselnya (Foto: dok/ AP Photo/Pablo Martinez Monsivais)

Para mahasiswa yang matanya tak bisa lepas dari ponsel mereka diberikan lintasan jalan khusus untuk menulis pesan teks sambil berjalan.

Sebuah universitas di negara bagian Utah, AS, memberikan para mahasiswa yang matanya tak bisa lepas dari ponsel mereka lintasan jalan khusus untuk menulis pesan teks sambil berjalan.

Lintasan yang dicat hijau terang di tangga menuju gimnasium di Utah Valley University itu merupakan cara jenaka untuk membuat cerah ruangan dan menarik perhatian mahasiswa, menurut juru bicara universitas Melinda Colton, hari Kamis (18/6).

Dan upaya itu sukses. Foto lintasan itu, yang membagi tangga menjadi jalur untuk pelari, pejalan kaki dan penulis pesan ponsel, menciptakan kehebohan di media sosial bulan ini setelah diunggah di Internet.

Meski lintasan-lintasan itu terbatas untuk pusat rekreasi kampus, mahasiswi bernama Tasia Briggs, 22, mengusulkan agar jalur serupa dibuat di seluruh kampus.

"Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada berjalan di belakang seseorang yang berjalan sambil menulis teks di ponsel, sementara kita tidak bisa menyalip mereka," ujar Briggs.

Ia menambahkan bahwa aplikasi pesan ponsel, apakah itu SMS, Twitter, Snapchat atau Instagram, merupakan bagian besar dari cara generasinya berkomunikasi, dan pengakuan dari universitas adalah langkah baik.

Utah Valley University terletak di Orem, 64 kilometer dari Salt Lake City, dan memiliki sekitar 31.000 mahasiswa.

Mahasiswi bernama Chelsea Meza, 22, mengatakan jalur-jalur itu menyentuh realitas budaya di era ponsel ini.

"Agak lucu melihatnya. Bukannya saling menyapa saat berjalan di dalam gedung, semua orang berjalan sambil mengetik pesan di ponsel," ujarnya.

Meski jalur-jalur itu tidak diperuntukkan untuk mengatasi masalah kecanduan pesan teks di kampus tersebut, sekitar setengah dari mahasiswa yang melihat lintasan itu benar-benar menggunakannya, ujar Meza.

Konsep seperti ini pernah dilakukan di kota Chongqing di China tahun lalu, yang menciptakan jalur pejalan kaki khusus yang dimaksudkan sebagai sindiran sambil mengingatkan orang bahwa berjalan sementara mata terpaku pada ponsel bisa berbahaya.

XS
SM
MD
LG