Tautan-tautan Akses

UNICEF: Jutaan Anak Terancam Kematian, Kemiskinan


Anak-anak pengungsi Suriah tanpa alas kaki bermain di kamp pengungsi dekat Atma, provinsi Idlib, Suriah.
Anak-anak pengungsi Suriah tanpa alas kaki bermain di kamp pengungsi dekat Atma, provinsi Idlib, Suriah.

Dua dari tiga anak di Afrika Sub-Sahara hidup dalam kemiskinan dan sebagian besar hanya mengenyam kurang dari empat tahun bersekolah.

Hampir 70 juta anak balita bisa mati sampai tahun 2030, jika pemerintah dan mitra-mitra mereka tidak meningkatkan upaya memenuhi tujuan pembangunan PBB, Badan Anak-Anak Sedunia, UNICEF memperingatkan.

Dalam laporan tahunan Anak-anak Sedunia yang dikeluarkan Selasa (28/6), UNICEF mendesak pemerintah, donor dan LSM untuk memusatkan perhatian pada anak-anak yang paling rentan dan menutup kesenjangan, supaya semua anak muda punya kesempatan yang lebih baik untuk masa depan yang cerah.

"Ini ketidakadilan besar dan membahayakan masa depan anak-anak," kata Direktur Eksekutif UNICEF, Anthony Lake dalam laporannya.

Migrasi dan krisis pengungsi yang mempengaruhi Eropa adalah salah satu contoh bagaimana ketidaksetaraan memicu ketidakstabilan global, kata Justin Forsyth, Wakil Direktur Eksekutif UNICEF.

"Kombinasi dari tata pemerintahan yang buruk, konflik, dan juga ketimpangan dan ketidakadilan memicu ketidakstabilan yang memicu gelombang migran dari Afrika Utara, katanya.

Forsyth mengatakan, situasi dapat diperbaiki dengan investasi kecil dalam kesehatan dan pendidikan.

"Kita bisa menyelamatkan hingga 147 juta anak dari kematian dalam usia balita, hanya dengan peningkatan 2 persen dalam dana pengeluaran di 74 negara." Itu berarti sekitar $30 miliar per tahun.

UNICEF mendesak negara-negara untuk mengembangkan rencana nasionalnya sehingga mereka dapat memenuhi target ambisius yang mereka setujui dalam agenda pembangunan yang berkelanjutan menjelang tahun 2030.

Laporan ini memicu peringatan untuk anak-anak di sub-Sahara Afrika, di mana dua dari tiga anak hidup dalam kemiskinan dan sebagian besar hanya mengenyam kurang dari empat tahun bersekolah. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG