Tautan-tautan Akses

Uni Eropa dan Amerika Beri Selamat Pemilu Aljazair


Ketua Tim Pemantau Uni Eropa untuk Aljazair Jose Ignacio Salafranca (Foto: dok).

Ketua Tim Pemantau Uni Eropa untuk Aljazair Jose Ignacio Salafranca (Foto: dok).

Uni Eropa dan AS memuji pemilu Aljazair sebagai langkah penting reformasi, meskipun timbul kecurigaan adanya kecurangan dalam pemilihan itu.

Ketua Tim Pemantau Uni Eropa untuk Aljazair, Jose Salafranca, hari Sabtu mengecam Aljazair karena tidak memberikan akses yang bebas kepada pemantau asing ke wilayah-wilayah pemilihan di seluruh pelosok Aljazair. Ia mengatakan para pejabat yang menyelenggarakan pemilu sebelumnya telah berjanji akan lebih transparan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton memberikan ucapan selamat pada warga Aljazair yang telah menyatakan keinginan mereka. Ia juga memuji tingginya jumlah perempuan yang terpilih.

Partai utama Aljazair yang berkuasa, Front Pembebasan Nasional memenangkan 220 kursi dalam badan legislatif yang beranggotakan 462 wakil rakyat. Partai Persatuan National Democratic Rally, yang dikenal dalam singkatan bahasa Perancis sebagai RND berada ditempat kedua sehingga memberikan posisi mayoritas yang aman bagi aliansi pro-pemerintah.

Partai-partai oposisi mengatakan pemilu itu dicurangi dan mendorong pemantau asing agar meminta para pejabat bertanggung jawab.
XS
SM
MD
LG