Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Akan Lakukan Operasi Penyelundup Migran


Kapal yang penuh sesak dengan para migran terlihat terapung-apung di perairan lepas pantai Lampedusa (Foto: dok).

Kapal yang penuh sesak dengan para migran terlihat terapung-apung di perairan lepas pantai Lampedusa (Foto: dok).

Uni Eropa meminta dukungan Dewan Keamanan PBB untuk meloloskan sebuah resolusi yang memungkinkan tindakan agresif terhadap para penyelundup yang bertanggung jawab membawa ribuan migran ke pantai-pantai Eropa.

Seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan blok itu akan meneruskan rencana memburu penyelundup manusia dan menghancurkan kapal-kapal mereka, dan berharap akan mengajukan perencanaan operasi secara rinci minggu depan.

Uni Eropa meminta dukungan Dewan Keamanan PBB untuk meloloskan sebuah resolusi pekan depan yang memungkinkan tindakan agresif terhadap para penyelundup yang bertanggung jawab membawa ribuan migran ke pantai-pantai Eropa.

Pejabat itu mengatakan hari Selasa bahwa menteri luar negeri Uni Eropa berharap resolusi itu akan siap selambatnya dalam pertemuan hari Senin “untuk memastikan bahwa kita dapat melakukan tindakan koersif terhadap penyelundup dan pedagang manusia.”

Pejabat itu mengetahui proses perencanaan operasi tetapi tidak diizinkan berbicara secara terbuka tentang hal itu.

Dia mengatakan bahwa Inggris, Perancis, Polandia dan Spanyol kemungkinan besar akan menyediakan kapal atau pesawat, sementara Slovenia juga telah menyatakan minatnya untuk berpartisipasi dalam operasi itu.

XS
SM
MD
LG