Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Terima Usulan Tanggal Pertemuan dengan Iran


Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton.

UE menerima usulan Iran untuk mengadakan pembicaraan nuklir tanggal 5 Desember, tetapi menolak tempat pertemuan di Istanbul.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa telah menerima usulan Iran untuk mengadakan pertemuan 5 Desember guna membahas program nuklirnya, tetapi menolak seruan Iran agar pembicaraan itu diadakan di Istanbul.

Kantor Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton menyebutkan ia menerima tanggal usulan itu hari Jumat, tetapi menginginkan perundingan itu diselenggarakan di Austria atau Swiss, bukan di Turki, yang merupakan sekutu Iran.

Ashton telah berunding dengan Iran atas nama ke lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman, kelompok yang dikenal sebagai P5 +1. Kantornya mengatakan persetujuan hari Jumat untuk pembicaraan itu merupakan hasil konsultasi dengan kelompok itu.

Jika pertemuan terselenggara, itu akan menjadi pertemuan pertama dalam lebih dari satu tahun Iran berembug untuk membahas program nuklirnya.

Hari Selasa, pejabat Iran menyampaikan proposal kepada Ashton yang meminta untuk mengadakan pembicaraan di Turki tanggal 23 November atau 5 Desember.

XS
SM
MD
LG