Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Tangguhkan Perjanjian Dagang dengan Ukraina


Pemrotes pro integrasi Eropa berkumpul dan mengadakan rally di Lapangan Kemerdekaan di Kiev, Minggu 15 Desember 2013.

Pemrotes pro integrasi Eropa berkumpul dan mengadakan rally di Lapangan Kemerdekaan di Kiev, Minggu 15 Desember 2013.

Uni Eropa mengatakan bahwa diskusi lebih lanjut memerlukan "komitmen yang jelas" untuk menandatangani kesepakatan perdagangan.

Kira-kira 200.000 demonstran berkumpul di ibukota Ukraina Kiev menentang usaha Presiden Viktor Yanukovich untuk mendekatkan negara itu dengan Rusia, sementara Uni Eropa menangguhkan perundingan kerjasama dengan Ukraina.

Kata Uni Eropa hari Minggu (15/12), pembicaraan selanjutnya tentang kedua masalah itu tergantung dari komitmen yang pasti tentang penanda-tanganan perjanjian kerjasama itu.

Yanukovich akan berkunjung ke Moskow hari Selasa untuk berunding dengan Presiden Vladimir Putin, yang dikhawatirkan oleh para demonstran akan lebih mendekatkan negara itu dengan Rusia.

Uni Eropa mengatakan mereka menangguhkan upaya perjanjian perdagangan dan kerjasama dengan Ukraina karena Presiden Viktor Yanukovych tidak menunjukkan komitmen untuk menandatangani kesepakatan yang ditolaknya akhir bulan lalu.

Blok itu hari Minggu memberitahu Ukraina bahwa diskusi lebih lanjut memerlukan "komitmen yang jelas" untuk menandatangani kesepakatan itu.

Senator AS John McCain Sabtu bertemu dengan para pemimpin pemerintah dan oposisi utama di ibukota Ukraina, menjelang unjuk rasa besar-besaran yang ditujukan untuk memaksa pemerintah dan pemimpinnya, Presiden Viktor Yanukovych, mundur dari kekuasaan.

McCain menyuarakan dukungan bagi para demonstran yang telah menduduki pusat kota Kiev selama tiga pekan terakhir, mengatakan kepada wartawan bahwa dia “bangga dengan apa yang dilakukan rakyat Ukraina untuk memulihkan demokrasi di negara mereka.”

McCain adalah yang terakhir dari serentetan pejabat Barat yang mengunjungi kamp demonstran itu sejak unjuk rasa pecah bulan lalu untuk menentang keputusan presiden yang mundur dari perjanjian perdagangan penting dengan Uni Eropa. Ukraina mengatakan lebih memilih memusatkan perhatian untuk memperbaiki dan memperkuat hubungan ekonomi dengan Rusia.

Rusia tidak secara langsung mengomentari kunjungan McCain itu. Tetapi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, berbicara hari Sabtu, mengatakan pemerintahan negara-negara Barat tampaknya tidak berpijak pada kenyataan dalam menentang keputusan Ukraina yang berpaling kepada Rusia.
XS
SM
MD
LG