Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Tanda Tangani Kesepakatan Ekonomi dan Politik dengan Moldova


Presiden Dewan Eropa, Herman Van Rompuy (Foto: dok).

Presiden Dewan Eropa, Herman Van Rompuy (Foto: dok).

Presiden Dewan Eropa, Herman Van Rompuy, Selasa (13/5) mengatakan Uni Eropa menolak setiap tekanan dari luar terhadap kedaulatan Moldova dan keutuhan wilayahnya.

Presiden Dewan Eropa, Herman Van Rompuy, mengatakan Uni Eropa akan menanda-tangani persetujuan ekonomi dan politik utama dengan Moldova tanggal 27 Juni. Ia juga memperingatkan agar menentang tekanan dari luar, yang tampaknya diarahkan terhadap Rusia.

Van Rompuy berada di ibukota Moldova, Chisinau, hari Selasa (13/5) dengan mengatakan Moldova adalah bagian dari Eropa berdasarkan sejarahnya, geografi, dan kebudayaan. Ia juga mengatakan Moldova adalah pemain kunci untuk memulihkan kestabilan dan meningkatkan kemakmuran yang sangat dibutuhkan di bagian benua Eropa itu.

Van Rompuy mengatakan Uni Eropa menolak apa yang disebutnya setiap tekanan dari luar terhadap kedaulatan Moldova dan keutuhan wilayahnya.

Rusia mempunyai lebih dari 1000 tentara di Trans-Dniestr, daerah berbahasa Rusia di Moldova yang memproklamasikan kemerdekaan tahun 1990, tindakan yang tidak diakui negara manapun, termasuk Rusia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG