Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Tambahkan Sanksi terhadap Iran


Menlu Inggris William Hague: penambahan sanksi terkait catatan HAM Iran yang “mengerikan”.

Menlu Inggris William Hague: penambahan sanksi terkait catatan HAM Iran yang “mengerikan”.

Uni Eropa hari Senin menambah nama 29 orang di Iran dalam daftar orang-orang yang dikenai pembekuan aset dan larangan bepergian.

Uni Eropa meluaskan sanksi-sanksi terhadap Iran karena apa yang disebut blok Eropa itu sebagai berlanjutnya pelanggaran hak asasi di negara itu. Hari Senin (10/10), Uni Eropa menambah nama 29 warga Iran ke dalam daftar orang-orang yang dikenai pembekuan aset dan larangan bepergian.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague mengatakan, sanksi-sanksi tersebut ditambahkan terkait catatan hak asasi Iran yang disebutnya “mengerikan”.

Uni Eropa, Amerika Serikat dan PBB telah menetapkan seperangkat sanksi terhadap Iran karena pelanggaran hak asasi dan dilanjutkannya upaya Iran memiliki teknologi senjata nuklir. Iran menyatakan program nuklirnya untuk keperluan damai.

Juga hari Senin, kantor berita Iran FARS menyatakan dua sutradara film yang ditangkap bulan lalu karena dituduh memiliki hubungan dengan BBC siaran bahasa Parsi telah dibebaskan.

Disebutkan bahwa Naser Safarian dan Mohsen Shahnazdar telah dibebaskan, tetapi FARS tidak memberitakan mengenai empat sutradara lainnya yang ditangkap bersamaan dengan mereka bulan lalu.

Iran menuduh para sutradara tersebut bekerjasama dengan BBC membuat bahan siaran yang merugikan citra Iran.

XS
SM
MD
LG