Tautan-tautan Akses

Presiden Komisi Eropa Usulkan Stimulus Ekonomi Baru


Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengusulkan stimulus 380 miliar dolar (foto: dok).

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengusulkan stimulus 380 miliar dolar (foto: dok).

Usulan stimulus ekonomi baru senilai 380 miliar dolar itu akan dibahas 28 pemimpin Uni Eropa pada KTT 18-19 Desember mendatang.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan, stimulus 380 miliar dolar dibutuhkan untuk memulihkan ekonomi Uni Eropa dan menunjukkan pada dunia bahwa Eropa kembali bangkit.

Juncker mengatakan Rabu (26/11), pembiayaan awal sebesar 26 miliar dolar akan mengalir dari lembaga-lembaga Uni Eropa berdasarkan proposal untuk memperbaiki kepercayaan investor di Eropa dimana utang besar pemerintah memperlemah pemulihan pasar investasi.

Juncker mengatakan Bank Investasi Eropa akan menjadi penggerak utama dalam menyalurkan pembiayaan awal di bidang-bidang yang bila tidak diprioritaskan tidak akan menarik investasi swasta.

Proposal itu akan dibahas 28 pemimpin Uni Eropa pada KTT 18-19 Desember. Setelah bertahun-tahun memfokuskan pada usaha memangkas utang, gagasan untuk menggalakkan investasi dipandang sebagai pesan penting untuk mengangkat benua itu dari kesulitan ekonomi.

XS
SM
MD
LG