Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Minta Iran Tidak Ganggu Siaran Satelit


Uni Eropa menilai Teheran melanggar perjanjian internasional mengenai kebebasan mengemukakan pendapat karena menyensor siaran via satelit.

Uni Eropa menilai Teheran melanggar perjanjian internasional mengenai kebebasan mengemukakan pendapat karena menyensor siaran via satelit.

Pemerintah Iran telah mengganggu sinyal BBC Inggris, Deutsche Welle Jerman dan operator satelit Perancis Eutelsat.

Uni Eropa mendesak Iran supaya menghentikan sensor internet dan mengganggu siaran satelit Eropa.

Para menteri luar negeri Uni Eropa hari Senin dalam pertemuannya di Brussel mengatakan Iran melanggar komitmen perjanjian internasional yang ditandatanganinya mengenai kebebasan mengemukakan pendapat.

Para menteri itu mengatakan telah mempersiapkan langkah untuk mengakhiri apa yang mereka sebut situasi yang tidak dapat diterima. Namun kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton tidak merinci sanksi-sanksi yang akan dikeluarkan jika Iran menolak untuk mentaati perjanjian tersebut.

Iran telah mengganggu sinyal BBC Inggris, Deutsche Welle Jerman dan operator satelit Perancis Eutelsat. Iran juga menganggu siaran VOA bahasa Persia.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan Iran telah melarang warganya mendengar atau menonton laporan mengenai protes anti pemerintah yang bermula setelah terpilihnya kembali Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden dalam pemilihan yang disengketakan tahun lalu.

XS
SM
MD
LG