Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Kucurkan Paket Talangan $48 Miliar untuk 4 Bank Spanyol


Uni Eropa akan menyerahkan dana talangan sebesar $48 miliar untuk membantu pemulihan stabilitas finansial empat bank Spanyol, Rabu (28/11).

Uni Eropa akan menyerahkan dana talangan sebesar $48 miliar untuk membantu pemulihan stabilitas finansial empat bank Spanyol, Rabu (28/11).

Uni Eropa akan menyerahkan dana talangan sebesar $48 miliar kepada empat bank Spanyol untuk memulihkan kestabilan finansial bank-bank yang mengalami kerugian besar terkait kredit perumahan.

Uni Eropa mengucurkan paket talangan bernilai 48 miliar dolar kepada empat bank Spanyol yang terbebani hutang, setelah memerintahkan agar bank-bank itu mengurangi tajam kredit dan investasi, mengurangi pegawai, dan mengenakan kerugian besar kepada para investornya.

Wakil Presiden Uni Eropa Joaquin Almunia mengatakan hari Rabu, dana talangan itu akan diserahkan kepada Bankia, NCG Banco, Catalunya Banc dan Banco de Valencia, untuk memulihkan kestabilan finansial bank-bank itu yang mengalami kerugian besar terkait kredit perumahan (real estate). Ditambahkan, syarat-syarat dana talangan itu sama dengan yang diberlakukan terhadap lembaga-lembaga finansial bermasalah lain di Eropa.

Ke-17 negara pengguna mata uang euro bulan Juni sepakat memberikan dana talangan 130 miliar dolar kepada bank-bank Spanyol yang bermasalah. Sebagai imbalan pengucuran pertama dana talangan itu, negara-negara tetangga Spanyol memberlakukan pembatasan operasi bank-bank itu, yang memaksa mengurangi neraca keuangan mereka 60 persen dan tidak lagi memberikani kredit untuk pengembangan real estat. Hal tersebut sekaligus memerintahkan bank-bank tersebut untuk lebih fokus pada kredit eceran di wilayah masing-masing.
XS
SM
MD
LG