Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Kenakan Sanksi atas 5 Bank Rusia


Kantor Bank of Moscow, salah satu bank Rusia yang terkena sanksi Uni Eropa (31/7).

Kantor Bank of Moscow, salah satu bank Rusia yang terkena sanksi Uni Eropa (31/7).

Uni Eropa memberlakukan sanksi atas lima bank Rusia untuk memprotes campur tangan Rusia di Ukraina timur yang bergolak.

Uni Eropa akan membatasi akses perbankan ke pasar saham Eropa, yang dapat menghambat ekonomi Rusia yang sudah lemah, dan beberapa analis bahkan mengatakan sedang menuju ke arah resesi.

Ke-28 negara blok Uni Eropa menyerukan pemberian sanksi awal pekan ini dan menentukan nama-nama badan keuangan tersebut hari Kamis, yakni bank terbesar Rusia; Sberbank, serta Gazprombank, Rosselkhozbank, Vnesheconombank dan VTB Bank.

Bank-bank BUMN Rusia menjual surat-surat utang senilai lebih dari $ 21 milyar tahun lalu, hampir separuhnya di pasar-pasar Eropa.

Pengaruh sanksi itu masih belum jelas, karena Uni Eropa mengatakan anak-anak perusahaan kelima bank tersebut di Eropa dikecualikan dari pembatasan itu.

Dalam kemunduran lain bagi ekonomi Rusia, majelis tertinggi HAM Eropa hari Kamis memerintahkan Rusia membayar $ 2,5 miliar lebih kepada para pemegang saham perusahaan minyak raksasa Yukos yang ditutup. Satu dekade lalu, pemerintah Rusia menyita perusahaan itu yang tadinya dimiliki oleh pengecam kebijakan Kremlin, Mikhail Khodorkovsky.

Beberapa hari lalu, para pemegang saham memenangkan keputusan ganti rugi $ 50 milyar di pengadilan Den Haag.

XS
SM
MD
LG