Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Uni Eropa Ingin Inggris Tetap Jadi Anggota


Pemimpin Komisi Eropa Jean-Claude Juncker (kiri) berbicara dengan PM Inggris David Cameron di Brussels, Belgia Kamis (18/2).

Pemimpin Komisi Eropa Jean-Claude Juncker (kiri) berbicara dengan PM Inggris David Cameron di Brussels, Belgia Kamis (18/2).

Pemimpin paling senior dari Uni Eropa mengutarakan keyakinan dan keinginan agar Inggris tetap bertahan sebagai anggota.

Berbicara kepada reporter Kamis (18/2), menjelang KTT dua hari di Brussels, Pemimpin Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan, dia “sangat yakin” bahwa Inggris akan tetap menjadi “anggota yang konstruktif dan aktif” dari Uni ini.

Ketua Parlemen Eropa Martin Schultz mengatakan pada konferensi pers yang sama, bahwa ada “keinginan besar untuk memastikan Inggris tetap bertahan sebagai anggota Uni Eropa.”

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris David Cameron memperoleh komitmen dari kedua pemimpin Uni Eropa ini bantuan untuk mencapai kesepakatan yang adil sehubungan reformasi Uni Eropa yang diperjuangkannya.

Cameron punya empat tuntutan: pembatasan bantuan social untuk mengurangi imigrasi, pengamanan untuk Inggris, yang tidak mempergunakan mata uang Euro, meningkatkan daya saing Uni Eropa dan klarifikasi bahwa Inggris tidak secara resmi wajib mengusahakan kesatuan yang lebih dekat dengan mitra-mitra Eropanya.

Uni Eropa akan melaksanakan KTT di Brussels pada Kamis dan Jumat dalam upaya untuk mencapai persetujuan dan menghindari keluarnya Inggris dari Uni Eropa, serta membahas cara penganggulangan krisis migran dan pengungsi terburuk di benua itu sejak PD ke 2. [jm]

XS
SM
MD
LG