Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Dukung Pengucuran Dana Talangan bagi Irlandia


Perdana Menteri Irlandia Brian Cowen pada acara Forum Menteri Keuangan Uni Eropa di Jerma pekan lalu.

Perdana Menteri Irlandia Brian Cowen pada acara Forum Menteri Keuangan Uni Eropa di Jerma pekan lalu.

Menteri-menteri Keuangan Uni Eropa menyepakati pemberian bantuan untuk menyelamatkan Irlandia, walaupun jumlah belum dipastikan.

Para menteri keuangan Uni Eropa telah setuju untuk menyelamatkan ekonomi Irlandia yang bermasalah. Mereka mencapai kesepakatan dalam sebuah konferensi melalui telepon pada hari Minggu untuk merespon secara sigap permintaan Irlandia untuk dana talangan.

Meskipun jumlah pasti dana dan rincian lain masih akan dibahas, para pejabat Irlandia dan Uni Eropa mengatakan dana talangan tidak akan melebihi 136 miliar dolar seperti yang sempat menjadi spekulasi. Perdana Menteri Irlandia Brian Cowen dan kabinetnya juga sedang mengerjakan rencana pengurangan anggaran besar-besaran untuk memangkas lebih dari 20 miliar dolar per tahun dari defisit yang menggelembung.

Minggu lalu, Cowen mengatakan negaranya tidak berada dalam krisis dan pemerintah memiliki dana sendiri sampai pertengahan 2011.

Irlandia adalah anggota Uni Eropa kedua yang meminta bantuan tahun ini. Yunani mendapat dana talangan 145 miliar dolar dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional bulan Mei lalu.

XS
SM
MD
LG