Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Desak Pertumpahan Darah di Gaza Diakhiri


Presiden Dewan Uni Eropa Herman van Rompuy (kiri) dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso (foto: dok).

Presiden Dewan Uni Eropa Herman van Rompuy (kiri) dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso (foto: dok).

Pejabat Uni Eropa hari Minggu (3/8) mengatakan Uni Eropa siap mendukung perundingan perdamaian dan upaya rekonstruksi di Gaza.

Uni Eropa mendesak diakhirinya “pertumpahan darah” di Gaza dan menyerukan perundingan antara pemimpin Israel dan Palestina agar tercapai solusi politik sebagai satu-satunya cara “menuju perdamaian abadi”.

Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso dan Presiden Dewan Uni Eropa Herman van Rompuy, yang mengepalai blok ke-28 negara Eropa, hari Minggu (3/8) mengatakan Uni Eropa siap mendukung perundingan dan rekonstruksi.

Mereka menambahkan “pertumpahan darah harus dihentikan” karena siklus aksi kekerasan sebelumnya antara Hamas dan Israel menunjukkan “keterbatasan” yang bisa dicapai lewat operasi militer, sehingga perundingan menuju solusi dua negara merupakan satu-satunya opsi penyelesaian.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan lebih dari 1.750 warga Palestina, terutama warga sipil, tewas dalam pertempuran yang telah berlangsung selama hampir empat minggu. Sementara di pihak Israel, korban tewas mencakup 70 tentara dan 3 warga sipil.

XS
SM
MD
LG