Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Desak Dewan Keamanan PBB Beri Wewenang Rampas Kapal Penyelundup


Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini.

Uni Eropa mengatakan bahwa kapal-kapal Uni Eropa telah menyelamatkan jiwa, merampas kapal dan menangkap penyelundup dan sekarang sebaiknya juga mencegat pengiriman senjata ke Libya.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, mendesak Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi untuk memberi pasukan maritim Uni Eropah wewenang merampas kapal-kapal penyelundup di lepas pantai Libya untuk memperkuat embargo senjata terhadap Libya.

Mogherini mengatakan kepada Dewan Keamanan hari Senin (6/6) bahwa kapal-kapal Uni Eropa telah menyelamatkan jiwa, merampas kapal dan menangkap penyelundup dan sekarang sebaiknya juga mencegat pengiriman senjata ke Libya.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin mengatakan negaranya tidak menentang gagasan itu namun mempunyai beberapa pertanyaan terutama mengenai tanggapan faksi-faksi yang bermusuhan di Libya, di mana pemerintah yang didukung PBB dan masih goyah masih menghadapi banyak tentangan.

Churkin mengatakan, prioritas utama di Libya haruslah untuk memastikan bahwa Parlemen menyetujui pemerintah baru persatuan nasional yang diharapkan Russia akan terwujud dalam waktu dekat. [sp]

XS
SM
MD
LG