Tautan-tautan Akses

UE Bahas Perluasan Keanggotaan dengan Serbia, Turki


PM Turki Ahmet Davutoglu (kiri) dan Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker di Brussels, Belgia akhir bulan lalu (foto: dok).

PM Turki Ahmet Davutoglu (kiri) dan Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker di Brussels, Belgia akhir bulan lalu (foto: dok).

Uni Eropa hari Senin (14/12) membuka perundingan dengan Serbia dan Turki guna membahas kemungkinan masuknya kedua negara ke dalam blok politik dan ekonomi itu.

Uni Eropa hari Senin (14/12) membuka perundingan dengan Serbia dan melanjutkan pembicaraan yang terhenti dengan Turki, yang akan mengarah pada masuknya kedua negara ke dalam blok politik dan ekonomi itu.

Para perunding Uni Eropa melakukan pembicaraan Senin dengan Serbia, dan fokusnya adalah pada kendali finansial dan perincian dari normalisasi Beograd dengan Kosovo.

Analis Barat mengatakan, pembicaraan itu berlangsung karena kerja sama Serbia yang semakin besar dalam menangkap buronan yang dicari-cari oleh penuntut internasional terkait kecurigaan terlibat dalam kejahatan perang selama perang Balkan pada tahun 90an.

Perunding Uni Eropa di Brussels juga melanjutkan pembicaraan seputar keanggotaan Turki, setelah Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker mengatakan, Uni Eropa perlu mengkaji kembali ikhtiar perluasan blok itu. [jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG