Tautan-tautan Akses

Uni Eropa akan Konfrontasi Rusia soal Tekanan atas Ukraina


Presiden Uni Eropa Herman van Rompuy hari Jumat (20/12) mengecam tekanan dari Moskow terhadap pemerintah Ukraina.

Presiden Uni Eropa Herman van Rompuy hari Jumat (20/12) mengecam tekanan dari Moskow terhadap pemerintah Ukraina.

Presiden Uni Eropa Herman van Rompuy hari Jumat (20/12) menyuarakan ketidaksukaannya atas tekanan dari Moskow terhadap pemerintah Ukraina.

Para pemimpin Uni Eropa berjanji akan mengkonfrontasi Rusia dalam sebuah pertemuan puncak mendatang mengenai apa yang dikatakan blok perdagangan itu sebagai tekanan yang tidak semestinya dari Rusia terhadap Ukraina agar berpaling dari aliansi ekonomi dengan Barat dan lebih berpihak ke Moskow.

Presiden Uni Eropa Herman van Rompuy menyuarakan ketidaksukaannya terhadap Moskow hari Jumat, mengatakan para pemimpin Uni Eropa akan menggunakan KTT Uni Eropa-Rusia akhir Januari untuk menyampaikan keluhan mereka. Dia memperkirakan KTT Brussels itu akan “menarik dan menantang.”

Sementara itu protes terus berlanjut hari Jumat (20/12) di ibukota Kyiv dan kota-kota di Ukraina lainnya menentang langkah Presiden Viktor Yanukovych yang mengejutkan bulan lalu yang mundur dari kesepakatan perdagangan Uni Eropa demi memperkuat ikatan ekonomi dengan Moscow.

Yanukovych mengecam keras negara-negara Barat karena mendukung demonstran pro-Uni Eropa, yang telah berunjuk rasa di pusat kota Kyiv selama hampir sebulan untuk menuntut agar presiden dan pemerintahannya mundur.

Pemimpin Ukraina itu hari Jumat menolak seruan diadakannya pemilu dini, setelah mengumumkan rencana awal pekan ini untuk bergabung dengan serikat ekonomi kawasan yang dipimpin Rusia, yang menurut Moscow akan menjadi saingan Uni Eropa.
XS
SM
MD
LG