Tautan-tautan Akses

Uni Afrika: Islamis Mali Utara Ancaman Bagi Dunia


Ketua Uni Afrika Jean Ping (Foto: dok).
Ketua Uni Afrika Jean Ping (Foto: dok).

Menguatnya cengkeraman teroris dan kelompok-kelompok kriminal di Afrika merupakan ancaman serius bagi perdamaian internasional.

Dewan Perdamaian dan Keamanan Uni Afrika yang bertemu di ibukota Ethiopia, Addis Ababa, hari Sabtu (14/7), memperingatkan bahwa Islamis di Mali utara bermaksud menciptakan tempat perlindungan baru bagi kegiatan-kegiatan mereka.

Ketua Uni Afrika Jean Ping menyebut situasi itu sebagai salah satu krisis paling serius yang dihadapi benua Afrika. Dan Komisaris Uni Afrika bagi Perdamaian dan Keamanan, Ramtane Lamamra mengatakan menguatnya cengkeraman teroris dan kelompok-kelompok kriminal merupakan ancaman serius bagi perdamaian internasional.

Islamis radikal merebut kawasan gurun yang luas di Mali utara setelah pemberontakan yang dilancarkan kelompok separatis Tuareg.

Uni Afrika bekerjasama dengan blok kawasan itu ECOWAS dan PBB mendukung pemerintahan sementara Mali, yang dibentuk setelah kudeta 22 Maret, dan membahas pilihan-pilihan guna menghadapi pemberontak Islamis tersebut.

Recommended

XS
SM
MD
LG