Tautan-tautan Akses

Uni Afrika Adakan Konferensi Donor untuk Tanduk Afrika


Anak-anak Somalia yang menderita kelaparan akibat bencana kekeringan, dirawat di rumah sakit Mogadishu.

Anak-anak Somalia yang menderita kelaparan akibat bencana kekeringan, dirawat di rumah sakit Mogadishu.

Uni Afrika yang dinilai lambat merespon krisis pangan di wilayah tersebut telah menjanjikan bantuan sebesar 500 ribu dolar.

Uni Afrika akan mengadakan konferensi donor hari Kamis untuk mengumpul dana bagi ke-12 juta orang yang masih membutuhkan bantuan pangan darurat dalam bencana kekeringan dan kelaparan di Tanduk Afrika.

Diperkirakan sekitar sebanyak 12 pemimpin Afrika akan menghadiri pertemuan pengumpulan dana di ibukota Ethiopia, Addis Ababa. Pertemuan itu semula dijadwalkan awal Augustus, tetapi ditangguhkan karena benturan jadwal para pejabat terkait .

Uni Afrika yang beranggotakan 54 negara itu, yang sebegitu jauh telah menjanjikan 500 ribu dolar bantuan, telah mendapat kecaman keras karena lambannya tanggapan atas krisis itu.

Pekan lalu, seorang pejabat tinggi PBB mengatakan konferensi itu berharap akan mengumpul 600 juta dolar. PBB mengatakan 2,5 milyar dolar bantuan dibutuhkan untuk memerangi kelaparan itu.

Hari Rabu, pimpinan kebijakan luar negeri Uni Eropa mendesak Uni Afrika dan masyarakat internasional agar memenuhi kewajiban moral mereka untuk memerangi kekeringan, yang paling berat dalam 60 tahun di Tanduk Afrika.

XS
SM
MD
LG