Tautan-tautan Akses

Ulama Saudi Tanggapi Kecaman Iran


Mufti Agung Sheikh Abdul Aziz Al-Sheikh (Foto: dok).

Mufti Agung Sheikh Abdul Aziz Al-Sheikh (Foto: dok).

Mufti Agung Sheikh Abdul Aziz Al-Sheikh, dikutip hari Selasa (6/9) oleh surat kabar Mekah mengatakan bahwa tuduhan Ali Khamenei itu “tidak mengherankan” karena orang Iran adalah keturunan Zoroastrian dan oleh karena itu “bukan Muslim.”

Ulama tertinggi Arab Saudi meningkatkan kecaman kerajaan itu terhadap Iran, dengan mengatakan mereka “bukan Muslim,” sehari setelah pemimpin tertinggi Iran mengatakan pihak berwenang Saudi membunuh Jemaah haji Muslim yang cedera terinjak-injak dalam musim haji tahun lalu.

Mufti Agung Sheikh Abdul Aziz Al-Sheikh, dikutip hari Selasa (6/9) oleh surat kabar Mekah mengatakan bahwa tuduhan Ali Khamenei itu “tidak mengherankan” karena orang Iran adalah keturunan Zoroastrian dan oleh karena itu “bukan Muslim.” Ia mengatakan “permusuhan mereka terhadap Islam, terutama Sunni, sudah sangat lama.”

Mayoritas warga Iran adalah Muslim Shiah, sementara sebagian besar warga Saudi adalah Sunni.

Insiden haji tahun 2015 itu menewaskan sedikitnya 2.426 orang, menurut hasil penghitungan Associated Press. Iran menderita jumlah korban jiwa terbanyak dari negara manapun dengan 464 orang Jemaah haji dari Iran tewas. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG