Tautan-tautan Akses

Ulama Radikal Kelahiran Amerika Tewas di Yaman


Anwar al Awlaki, tewas dalam serangan udara atas konvoi al-Qaida di Yaman hari Jumat pagi (30/9).

Anwar al Awlaki, tewas dalam serangan udara atas konvoi al-Qaida di Yaman hari Jumat pagi (30/9).

Anwar al-Awlaki tewas Jumat pagi dalam serangan udara Amerika yang ditujukan pada sebuah konvoi al-Qaida di Yaman bagian timur.

Ulama radikal kelahiran Amerika Anwar al-Awlaki yang dicari polisi Yaman dan Amerika tewas dalam serangan pesawat tak berawak dan pesawat tempur yang dikoordinasi oleh Badan Intelijen Pusat Amerika, CIA.

Awlaki tewas Jumat pagi setelah konvoinya diserang di Yaman timur. Kantor-kantor berita Barat mengutip para pejabat Amerika mengatakan, serangan dikoordinasi CIA dan dipimpin Komando Gabungan Operasi Khusus, yang memimpin operasi bulan Mai yang menewaskan Osama bin Laden.

Beberapa tersangka militan lain juga tewas. Associated Press mengutip para pejabat Kementerian Pertahanan Yaman mengatakan di antara yang tewas terdapat Samir Khan, militan Amerika yang menerbitkan majalah al-Qaida berbahasa Inggris di Internet.

Menurut laporan, pesawat Amerika digunakan dalam serangan itu. Amerika telah beberapa kali melancarkan serangan dengan pesawat tak berawak menarget al-Qaida di Yaman.

Anwar al-Awlaki, warga negara Amerika, adalah tokoh al-Qaida yang selalu bicara blak-blakan, dan memimpin jaringan al-Qaida di Yaman.

Pemerintahan Obama menarget Awlaki karena perannya dalam mengatur terorisme yang menarget Amerika. Namanya semakin mencuat dengan tewasnya pemimpin al-Qaida Osama bin Laden bulan Mei.

Awlaki yang memimpin kelompok yang disebut al-Qaida di Semenanjung Arab, yang berbasis di Yaman, diyakini menjadi target serangan pesawat tak berawak Amerika bulan Mei yang menewaskan dua tersangka militan di Yaman. Ia juga lolos dari serangan udara yang menewaskan 30 orang tahun lalu.

Awlaki lahir di negara bagian New Mexico tahun 1971, dan fasih berbahasa Inggris dan Arab. Kedua orang tuanya berasal dari Yaman. Ia menjadi imam beberapa masjid di Amerika, termasuk masjid di kota San Diego, yang sering dikunjungi dua orang yang kemudian terlibat dalam serangan teroris 11 September 2001.

XS
SM
MD
LG