Tautan-tautan Akses

Ukraina Tuduh Rusia Terlibat dalam Jatuhnya Pesawat


Pesawat kargo militer Ukraina AN-26 jatuh di pinggiran kota Luhansk, Ukraina timur dekat perbatasan Rusia (14/7).

Pesawat kargo militer Ukraina AN-26 jatuh di pinggiran kota Luhansk, Ukraina timur dekat perbatasan Rusia (14/7).

Pesawat kargo militer Ukraina AN-26 jatuh setelah ditembak di pinggiran kota Luhansk, Ukraina timur di dekat perbatasan Rusia hari Senin (14/7).

Kepala badan keamanan Ukraina mengatakan pihaknya memiliki “bukti nyata” Rusia terlibat dalam penembakan jatuh sebuah pesawat transportasi militer Ukraina di kawasan timur negara itu hari Senin.

Kepala SBU Valentin Nalyvaichenko hari Selasa (15/7) mengatakan bukti keterlibatan Rusia dalam serangan terhadap pesawat An-26 itu di kawasan Luhansk akan diserahkan kepada Presiden Petro Poroshenko dan diungkapkan ke publik.

Hari Senin, separatis pro-Rusia di Ukraina timur mengaku bertanggung jawab menembak jatuh pesawat militer itu dan menawan empat anggota awaknya.

Namun kementerian pertahanan Ukraina hari Senin mengatakan pesawat itu mustahil tertembak misil dari darat ke udara karena saat itu terbang terlalu rendah.

Menteri Pertahanan Ukraina Valeriy Heletei mengatakan kepada Presiden Poroshenko bahwa “pesawat itu diserang roket lain yang lebih kuat yang kemungkinan diluncurkan dari kawasan Rusia,” kata situs kepresidenan Ukraina.

XS
SM
MD
LG