Tautan-tautan Akses

Ukraina Terima Dana Talangan $3 Miliar dari Rusia


PM Rusia Dmitry Medvedev (kanan) menerima kunjungan PM Ukraina Mykola Azarov, Selasa (24/12) di Moskow.

PM Rusia Dmitry Medvedev (kanan) menerima kunjungan PM Ukraina Mykola Azarov, Selasa (24/12) di Moskow.

Pemerintah Rusia berjanji memberi pinjaman $15 miliar dan mengurangi harga ekspor gas alam ke Ukraina sampai sepertiganya.

Rusia telah mengirim $ 3 miliar ke Ukraina, angsuran pertama dari paket penyelamatan keuangan yang direncanakan untuk membantu perekonomian Ukraina dan menahan agar Kyiv tidak menjadi anggota Uni Eropa.

Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev bertemu dengan Perdana Menteri Ukraina Mykola Azarov, Selasa (24/12) di Moskow dan mengatakan Rusia telah membeli sejumlah obligasi pemerintah dari Bank Sentral Ukraina.

Menurut ketentuan dana talangan yang ditandatangani pekan lalu itu, Rusia berjanji mengurangi harga ekspor gas alam ke Ukraina sampai sepertiga dan memberi pinjaman $ 15 miliar.

Rakyat Ukraina yang mendukung Uni Eropa telah memprotes keputusan pemerintah untuk mundur dari kesepakatan perdagangan penting dengan Uni Eropa dan menguatkan hubungan dengan Moskow.

Pemerintah Ukraina, yang telah mencari bantuan luar negeri sebesar $ 20 miliar, telah meyakinkan para demonstran bahwa pada akhirnya pemerintah berencana untuk menandatangani perjanjian asosiasi dengan Uni Eropa.
XS
SM
MD
LG