Tautan-tautan Akses

Ukraina-Rusia Saling Tuduh soal Krimea


Presiden Ukraina Petro Poroshenko (kanan) dan Kepala Dewan Pertahanan dan Keamanan Ukraina Oleksandr Turchynov berbincang di sesi dewan tersebut di Kiev, Ukraina Kamis (11/8).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko (kanan) dan Kepala Dewan Pertahanan dan Keamanan Ukraina Oleksandr Turchynov berbincang di sesi dewan tersebut di Kiev, Ukraina Kamis (11/8).

Ukraina dan Rusia terlibat perang kata-kata hari Kamis (11/8) terkait klaim Kremlin bahwa Kiev menyusupkan para penyabot terlatih ke Krimea dengan tugas menyerang prasarana penting.

Tuduhan mengenai misi ini disebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai alasannya untuk menarik keikutsertaannya dalam pembicaraan perdamaian yang dijadwalkan berlangsung di Normandi.

Para pejabat Ukraina menyatakan misi sabotase itu benar-benar khayalan, dengan mengatakan Kremlin kemungkinan besar menggunakannya sebagai alasan yang dibuat-buat untuk meningkatkan konflik yang telah berlangsung dua tahun di Ukraina Timur, di mana pasukan dukungan Moskow menduduki sebagian besar kawasan Donbas, termasuk kota Donetsk dan Luhansk.

Moskow sejauh ini gagal mengetengahkan kelompok penyabot yang katanya ditahan akhir pekan lalu di dekat kota Armyansk setelah misi sabotase itu digagalkan.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) telah mengidentifikasi seorang tersangka, yakni Yevhen Panov, mantan tentara Ukraina. Kerabat Panov menyatakan ia hilang pada 6 Agustus lalu sewaktu mengunjungi rumah temannya di kawasan Zaporizhya yang berbatasan dengan Krimea, Semenanjung di Laut Hitam yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014.

Televisi pemerintah Rusia menayangkan foto-foto dari FSB, yang memperlihatkan ransel-ransel penuh berisi bahan peledak. Sebuah foto yang memperlihatkan Panov yang memar dan berdarah juga ditayangkan.

Berbicara kepada VOA, ipar Panov, Ihor Kotelianets, mengesampingkan klaim Rusia bhawa Panov adalah penyabot terlait atau bekerja untuk dinas rahasia Ukraina. Ia mengatakan sejak meninggalkan militer, Panov bekerja sebagai supir dan montir listrik di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhya, meskipun ia juga menjadi sukarelawan di sebuah pasukan bela diri setempat. Ia baru-baru ini mendirikan sebuah LSM kecil di kampung halamannya, Enerhodar, untuk membantu para veteran militer Ukraina. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG