Tautan-tautan Akses

Ukraina Cabut Gencatan Senjata Semasa Paskah dengan Separatis Pro-Rusia


Presiden interim Ukraina Oleksandr Turchynov di Kyiv, Ukraina (Foto: dok).

Presiden interim Ukraina Oleksandr Turchynov di Kyiv, Ukraina (Foto: dok).

Presiden interim Ukraina Oleksandr Turchynov telah memerintahkan pasukan keamanan untuk melanjutkan operasi "anti-teror" di Ukraina timur.

Ukraina telah dengan resmi membatalkan gencatan senjata Paskah melawan separatis pro-Rusia di Ukraina timur dan mengatakan operasi anti-teroris dimulai lagi.

Deputi Pertama Perdana Menteri Ukraina, Vitaliy Yarema mengatakan kepada wartawan saat pertemuan Kabinet, Rabu (23/4) bahwa apa yang dia sebut "langkah yang tepat" akan diambil dan hasilnya akan terlihat segera.

Yarema mengatakan Ukraina telah mendapat jaminan dari Amerika Serikat bahwa Ukraina tidak akan dibiarkan sendirian menghadapi agresi Rusia. Dia menyatakan harapan bahwa dukungan Amerika akan lebih substantif.

Di Moskow, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa Rusia akan membalas jika kepentingan sah Rusia atau orang-orang Rusia diserang. Dia mengatakan respon Rusia akan sama seperti di Ossetia Selatan pada tahun 2008, yang menyebabkan perang singkat dengan Georgia.

Pentagon mengatakan hari Selasa (22/4) akan mengirim 600 tentara Amerika ke Polandia dan Baltik untuk "mengirim pesan" kepada Moskow dan untuk meyakinkan sekutu dan mitra Amerika.

Presiden interim Ukraina Oleksandr Turchynov telah memerintahkan pasukan keamanan untuk melanjutkan operasi "anti-teror" di Ukraina timur. Perintahnya terjadi hanya beberapa jam setelah Wakil Presiden Amerika Joe Biden mengakhiri dua hari kunjungan ke Kyiv.

Biden meminta Moskow untuk menghormati janjinya untuk menarik dukungan untuk kelompok separatis pro-Rusia dalam Ukraina.

Militer Ukraina bergerak pekan lalu untuk mengusir kaum separatis dari gedung-gedung pemerintah yang telah mereka rebut di sekitar selusin kota gagal.

Sebuah perjanjian yang ditandatangani di Jenewa minggu lalu yang bertujuan untuk meredakan ketegangan di Ukraina tidak menunjukkan hasil dan orang-orang pro-Rusia tidak menunjukkan tanda-tanda akan mundur.
XS
SM
MD
LG