Tautan-tautan Akses

Ukraina Periksa Konvoi Rusia


Pengemudi konvoi truk Rusia yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Ukraina menunjukkan isi truk mereka di sebuah kamp dekat Kamensk-Shakhtinsky, Rostov, 15 Agustus 2014.

Pengemudi konvoi truk Rusia yang membawa bantuan kemanusiaan untuk Ukraina menunjukkan isi truk mereka di sebuah kamp dekat Kamensk-Shakhtinsky, Rostov, 15 Agustus 2014.

Ukraina mengatakan para pejabat bea cukai dan perbatasannya pada hari Jumat (15/8) mulai memeriksa konvoi bantuan Rusia yang tidak jauh dari perbatasannya.

Pemeriksaan terhadap konvoi tersebut merupakan tanda bahwa kedua negara sedang mengambil langkah-langkah untuk meredakan ketegangan yang meningkat dalam masalah pengiriman.

Sergei Astakhov, Asisten Deputi Kepala Pengawal Perbatasan Ukraina, mengatakan muatan itu akan diperiksa dengan dihadiri para wakil dari Komite Internasional Palang Merah.

Para pejabat pertahanan di Kiev mengatakan dalam suatu pernyataan, kelompok yang terdiri dari 41 wakil dinas perbatasan Ukraina dan 18 pejabat bea cukai mulai memeriksa bantuan Rusia di lintas perbatasan Donetsk pada hari Jumat pagi.

Kantor berita Rusia mengatakan Rusia bersedia memberikan semua dokumentasi yang diperlukan dan menyerahkan muatan tersebut kepada Palang Merah.

Kurang lebih 200 truk Rusia yang tertutup terpal putih telah diparkir sejak Kamis dekat Kamensk-Shakhinsky, sekitar 28 kilometer dari perbatasan tersebut. Sebagian besar dari perbatasan di bagian Ukraina Timur itu telah dikuasai golongan separatis pro-Rusia

Rusia mengirimkan konvoi itu ke daerah selatan setelah memutuskan untuk tidak mematuhi persetujuan tentatif sebelumnya untuk menyerahkan bantuan itu melalui lintas batas yang dikuasai pemerintah di kawasan Kharkiv.

Ukraina telah menyatakan kekhwatiran bahwa Rusia bisa menggunakan pengiriman bantuan itu sebagai cara menutup-nutupi penyusupan militer untuk mendukung golongan separatis dan mengancam akan menggunakan segala cara yang diperlukan untuk menghentikan konvoi itu kalau para pejabat Ukraina dan Palang Merah tidak diizinkan memeriksa muatan tersebut.

Munculnya sepuluh lebih kendaraan pengangkut personil bersenjata Rusia pada hari Jumat pagi dekat konvoi bantuan itu menyebabkan meningkatnya ketegangan.

XS
SM
MD
LG