Tautan-tautan Akses

Ukraina Ajukan Permohonan Dana Talangan Baru dari IMF


Presiden Ukraina Petro Poroshenko meminta dana talangan baru kepada IMF Rabu 21/1 (foto: dok).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko meminta dana talangan baru kepada IMF Rabu 21/1 (foto: dok).

Pemerintah Ukraina hari Rabu (21/1) telah meminta Dana Moneter Internasional (IMF) paket talangan yang baru dan lebih luas.

Ukraina telah meminta Dana Moneter Internasional (IMF) paket talangan yang baru dan lebih luas, dan akan berusaha merundingkan kembali utangnya dengan para pemegang obligasi.

Ketua IMF Christine Lagarde mengumumkan permohonan yang diajukan Presiden Ukraina Petro Poroshenko itu Rabu (21/1), setelah keduanya bertemu di sela-sela Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Lagarde mengatakan pemimpin Ukraina tersebut bermaksud mengganti paket dana talangan yang sekarang – sebesar 17 miliar dolar – dengan yang baru. Lagarde mengatakan, ia akan mengajukan permohonan itu ke dewan direksi IMF untuk dipertimbangkan segera.

Lagarde menolak untuk menyebut angkanya namun mengatakan, rencana baru itu akan mencerminkan komitmen Ukraina terhadap reformasi ekonomi struktural.

Pemerintah Ukraina berusaha memulihkan ekonomi negara yang dikoyak perang itu, yang menyusut 7,5 persen pada 2014 dan diproyeksikan menciut 5 persen tahun ini. Cadangan devisa Ukraina telah menyusut lebih dari 50 persen pada 2014 hingga menjadi kurang dari 10 miliar dolar untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

XS
SM
MD
LG