Tautan-tautan Akses

Ukraina Inspeksi Bantuan Rusia


Truk-truk Rusia yang membawa bantuan untuk Ukraina diparkir Kamensk-Shakhtinsky, Rostov (15/8).

Truk-truk Rusia yang membawa bantuan untuk Ukraina diparkir Kamensk-Shakhtinsky, Rostov (15/8).

Para pejabat Ukraina mengatakan, mereka mulai memeriksa konvoi truk Rusia yang menurut Moskow membawa bantuan kemanusiaan untuk Ukraina timur yang dikoyak perang itu.

Kiev khawatir bahwa Rusia kemungkinan menggunakan konvoi itu sebagai alasan untuk melakukan invasi skala penuh atau untuk mempersenjatai kembali pemberontak pro-Rusia yang telah mengalami kekalahan akhir-akhir ini.

Harian The Telegraph dan The Guardian mengatakan kendaraan militer Rusia terlihat sekitar 30 kilometer dari tempat di mana konvoi bantuan Rusia itu dihentikan untuk pemeriksaan.

Baik Rusia maupun Ukraina belum mengukuhkan laporan itu. Moskow selama ini dituduh mempersenjatai pemberontak Ukraina.

Rusia telah menyangkal secara langsung mempersenjatai pemberontak, dan mengatakan ke-300 konvoi truk itu hanya untuk membantu meringankan penderitaan di Ukraina timur.

Para petugas pertolongan internasional mengatakan, banyak wilayah di Ukraina timur, termasuk kota Donetsk dan kota Luhansk, kekurangan suplai medis, air, dan listrik, sementara pasukan pemerintah Ukraina melanjutkan serangan mereka yang ditujukan untuk mengakhiri pemberontakan para separatis pro-Rusia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG