Tautan-tautan Akses

Ukraina akan Bebaskan 15 Tahanan Pemberontak Pro-Rusia


Seorang tentara Ukraina mengawal beberapa tahanan pemberontak pro-Rusia di luar Donetsk, Ukraina timur (foto: dok).

Seorang tentara Ukraina mengawal beberapa tahanan pemberontak pro-Rusia di luar Donetsk, Ukraina timur (foto: dok).

Ukraina hari Kamis (15/12) mengatakan akan mengampuni dan membebaskan 15 tahanan yang ditangkap di wilayah separatis di Ukraina.

Ukraina hari Kamis (15/12) mengatakan akan mengampuni dan membebaskan 15 tahanan yang ditangkap di wilayah separatis di Ukraina, sebagai cara untuk memulai proses pertukaran tahanan dengan para pemberontak pro-Rusia.

Para tahanan itu akan menerima grasi dari presiden dan dipulangkan sebelum kedua pihak bertemu untuk pembicaraan di Belarusia pekan depan, kata pengacara Ukraina Iryna Gerashchenko, yang mengepalai komite kemanusiaan.

Gerashchenko mengatakan kepada para wartawan hari Kamis bahwa “Ukraina menyerahkan lebih dari 15 orang dari daftar sebanyak 228 orang,” banyak di antaranya adalah tahanan yang lanjut usia atau sakit-sakitan, katanya.

Dia menambahkan bahwa Ukraina bersiap-siap membebaskan lebih banyak tahanan lagi, tetapi mendesak agar para pemberontak pro-Rusia membebaskan semua tahanan yang dipenjara di wilayah timur negara itu.

Menurut Ukraina, ada lebih dari 100 tentaranya masih ditahan di wilayah-wilayah yang dikuasai pemberontak di timur.

Terakhir kali Ukraina bertukar tahanan dengan para pemberontak pro-Rusia adalah bulan September, ketika pemerintah menyerahkan lebih dari empat pejuang pemberontak untuk ditukar dengan dua pendukungnya. [vm/ds]

XS
SM
MD
LG