Tautan-tautan Akses

Ukraina Adakan Pemilihan Parlemen Baru


Seorang perempuan memberikan suaranya di TPS dalam pemilihan parlemen di Kyiv, Ukraina, 26 Oktober 2014.

Seorang perempuan memberikan suaranya di TPS dalam pemilihan parlemen di Kyiv, Ukraina, 26 Oktober 2014.

Pemilihan parlemen baru pada hari Minggu (26/10) adalah pemilihan pertama parlemen sejak protes-protes di jalan-jalan di ibukota Kyiv, memaksa pemimpin dukungan Moscow, Viktor Yanukovich melarikan diri bulan Februari lalu, dan memberikan kepemimpinan pro-Eropa di bawah Presiden Petro Poroshenko.

Para analis mengatakan partai Poroshenko diduga akan memperoleh kemenangan terbesar dalam pemilihan hari Minggu, tetapi tidak jelas apakah partainya akan dapat membentuk pemerintahan tanpa membentuk koalisi.

Namun, para pemilih tidak akan dapat memberikan suara di Krimea, yang telah dianeksasi oleh Rusia, dan di bagian-bagian Ukraina timur yang dikuasai golongan separatis.

TPS-TPS menunjukkan mayoritas rakyat Ukraina mendukung perombakan-perombakan di bidang ekonomi dan demokrasi dan, terutama, penumpasan korupsi, yang akhirnya masuk keanggotaan Uni Eropa.

Parlemen yang mendukung Presiden Poroshenko mungkin akan menegangkan hubungan bahkan lebih jauh dengan Moscow.

Kyiv menuduh Moscow karena mendukung pemberontak pro-Rusia di bagian Ukraina Timur dalam konflik yang telah menewaskan lebih dari 3700 orang dan memperburuk masalah perekonomian Ukraina.

XS
SM
MD
LG