Tautan-tautan Akses

UE, Amerika Ancam Sanksi Baru atas Iran


Uni Eropa dan Amerika mengatakan mereka akan mengusahakan sanksi baru PBB terhadap Iran karena tidak menggubris berbagai upaya PBB untuk memastikan program nuklirnya bertujuan damai.

Para diplomat Uni Eropa dan Amerika hari Rabu mengeluarkan peringatan kepada Iran pada pertemuan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Wina.

Delegasi Spanyol ke IAEA mewakili Uni Eropa dalam pertemuan itu dan menyampaikan pernyataan keras yang mengecam perilaku Iran.

Pernyataan Uni Eropa itu menuduh Iran “ terus menerus tidak” mematuhi kewajiban internasional dan menyatakan dukungan atas tindakan tegas Dewan Keamanan PBB jika Teheran meneruskan berperilaku serupa. Iran menyangkal tuduhan Barat bahwa pihaknya memperkaya uranium untuk membuat senjata nuklir.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton hari Rabu berada di Brazil untuk melobi Presiden Luis Inacio Lula da Silva supaya mendukung sanksi baru PBB terhadap Iran. Sebelum pembicaraan mereka, pemimpin Brazil itu mengingatkan supaya jangan “memojokkan” Iran dan mengatakan negosiasi merupakan strategi yang lebih baik.



XS
SM
MD
LG