Tautan-tautan Akses

UE Setujui Pinjaman 125 Milyar Dolar bagi Bank-Bank Spanyol


Seorang pria berjalan di depan Gedung Bank Sentral Spanyol (5/6). Uni Eropa sepakat untuk memberi pinjaman bank-bank Spanyol yang terancam bankrut.

Seorang pria berjalan di depan Gedung Bank Sentral Spanyol (5/6). Uni Eropa sepakat untuk memberi pinjaman bank-bank Spanyol yang terancam bankrut.

Para menteri keuangan Eurozone sepakat untuk meminjamkan Spanyol dana bernilai 125 milyar dolar untuk menopang bank-bank-nya yang terancam bankrut.

Menteri-menteri 17 negara yang menggunakan mata uang euro itu mengambil keputusan tadi hari Sabtu setelah mengadakan perdebatan panas.

Sabtu pagi Menteri Ekonomi Spanyol Luis de Guindos mengumumkan bahwa pemerintahnya meminta bantuan keuangan kepada negara-negara Eropa untuk membantu menyelamatkan bank-bank negara itu. Ia mengatakan kesepakatan itu diberlakukan tanpa syarat atas perekonomian Spanyol secara keseluruhan dan tidak ada langkah-langkah penghematan baru.

Jumlah pinjaman pasti akan ditentukan begitu audit independen selesai akhir bulan ini.

Spanyol telah sejak lama membantah laporan-laporan bahwa negara itu akan memerlukan dana talangan seperti Yunani, Irlandia dan Portugal. Tetapi pemerintahan konservatif Perdana Menteri Mariano Rajoy harus mengalah pada tekanan pasar yang terus berkembang, yang telah membuat biaya pinjaman melonjak.

Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble memuji keputusan itu sebagai sebuah petunjuk solidaritas negara-negara Eropa.

Menteri Keuangan Amerika Timothy Geithner mengatakan Amerika menyambut baik kesepakatan itu. Pemerintah Amerika khawatir bahwa krisis zona euro akan menyeret perekonomian Amerika yang sedang berada dalam tahun pemilu, dan telah mendesak para pemimpin Eropa untuk menstabilkan mata uang bersama mereka.

Menteri-menteri Eurozone mengatakan mereka yakin Spanyol akan menghormati janji-janjinya untuk memotong defisit dan menata kembali perekonomiannya, tetapi kemajuannya akan dipantau secara ketat.

Para pengambil kebijakan berharap penyelamatan ini akan memuaskan pasar-pasar keuangan dan mengamankan Spanyol menjelang pemilu Yunani tanggal 17 Juni.

XS
SM
MD
LG