Tautan-tautan Akses

UE Setujui Dana Talangan 113 Milyar Dolar bagi Irlandia


Perdana Menteri Irlandia, Brian Cowen

Perdana Menteri Irlandia, Brian Cowen

Kata PM Brian Cowen hari Minggu, bantuan itu akan memberi Irlandia waktu untuk membereskan berbagai masalah keuangannya yang gawat.

Uni Eropa telah menyetujui paket dana talangan bagi Irlandia berjumlah 113 milyar Dolar supaya negeri itu jangan bangkrut.

Pemerintah Irlandia mengatakan hari Minggu bahwa negeri itu akan segera mendapat 13,3 milyar dana talangan untuk memperkuat cadangan bank-bank. 33 milyar lainnya akan disimpan sebagai cadangan pemerintah dan 66 milyar Dolar akan digunakan untuk membayar hutang pemerintah.

Kata Perdana Menteri Brian Cowen hari Minggu, bantuan itu akan memberi Irlandia waktu untuk membereskan berbagai masalah keuangannya yang gawat.

Rincian perjanjian itu mewajibkan Irlandia melancarkan operasi penghematan selama empat tahun untuk mengurangi 20 milyar Dolar defisit anggarannya, yang merupakan defisit paling tinggi di Eropa sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua.

Kewajiban penghematan itu mensyaratkan pemotongan upah minimum dan tunjangan pengangguran, penghapusan sekitar 25.000 pos pegawai negeri, pajak rumah yang lebih tinggi dan perubahan atas sejumlah pajak pendapatan, telah memicu aksi protes luas di Irlandia.

Puluhan ribu demonstran berkumpul di Irlandia kemarin menentang rencana pemerintah itu, yang kata mereka hanya akan menguntungkan bank-bank dan bukannya rakyat biasa.

XS
SM
MD
LG