Tautan-tautan Akses

UE Larang Kosmetik yang Diuji Coba pada Binatang


Kelompok-kelompok advokasi hak binatang memuji larangan penjualan kosmetik yang diuji coba pada binatang oleh Uni Eropa (foto: dok).

Kelompok-kelompok advokasi hak binatang memuji larangan penjualan kosmetik yang diuji coba pada binatang oleh Uni Eropa (foto: dok).

Uni Eropa telah melarang impor dan penjualan kosmetik dengan bahan-bahan baru yang diujicoba pada binatang, dengan dalih menghargai kesejahteraan binatang.

Sejak tahun 2004, regulator Uni Eropa umumnya melarang pengujian produk kosmetik jadi pada binatang, tetapi hari Senin menutup celah-celah yang masih ada dalam ujicoba, yang akan segera mulai berlaku.

Komisaris Uni Eropa untuk kebijakan kesehatan dan konsumen, Tonio Borg, mengatakan larangan total akan memberikan "isyarat penting" tentang sejauh mana Eropa menghargai kesejahteraan binatang.

Kelompok-kelompok advokasi hak binatang memuji larangan itu. Tetapi Cosmetics Europe, sebuah kelompok dagang untuk industri bernilai $93 miliar di benua itu, mengatakan perubahan tersebut akan menghentikan inovasi produk baru. Perusahaan-perusahaan kosmetik selama ini menggunakan kelinci, tikus dan marmut sebagai binatang percobaan.

Konsumen kosmetik Eropa kemungkinan tidak akan melihat adanya perubahan langsung di toko-toko, karena produk yang sudah diuji coba pada hewan boleh tetap dijual.

Saat ini tidak ada larangan ujicoba pada binatang seperti itu untuk kosmetik yang dijual di pasar Amerika dan Asia.
XS
SM
MD
LG