Tautan-tautan Akses

UE Bantu Maskapai Penerbangan Atasi Kerugian akibat Awan Abu


Kepala transportasi Uni Eropa akan memperbolehkan maskapai menangguhkan pembayaran layanan pengawas lalu lintas udara.

Uni Eropa mendukung anggotanya untuk membantu perusahaan-perusahaan penerbangan pulih dari kerugian bernilai tiga milyar lebih karena abu vulkanis melumpuhkan perjalanan udara di seluruh Eropa awal bulan ini.

Kepala transportasi Uni Eropa Siim Kallas hari Selasa mengatakan bahwa perusahaan penerbangan akan diperbolehkan menangguhkan pembayaran bagi layanan pengawas lalu lintas udara. Ia mengatakan negara-negara anggotanya juga bisa mencabut sementara pembatasan-pembatasan penerbangan malam hari.

Kallas mengatakan industri penerbangan rugi sekitar 3,3 milyar dolar ketika abu dari gunung berapi yang meletus di Islandia membuat pesawat tidak bisa terbang selama hampir satu minggu.

Ia mengatakan Uni Eropa akan mengeluarkan petunjuk-petunjuk supaya negara anggotanya memberi perlakuan yang adil kepada semua perusahaan penerbangan yang terkena dampak kerugian.

Awan abu yang sangat besar itu memaksa pembatalan 100 ribu penerbangan lebih dan menelantarkan sekitar 10 juta penumpang selama berhari-hari.

XS
SM
MD
LG