Tautan-tautan Akses

Uber Pindahkan Mobil Mandirinya dari California ke Arizona


ARSIP – Sebuah mobil mandiri milik Uber diperagakan di sebuah bengkel di San Fransisco (13/12). (foto: AP Photo/Eric Risberg)

ARSIP – Sebuah mobil mandiri milik Uber diperagakan di sebuah bengkel di San Fransisco (13/12). (foto: AP Photo/Eric Risberg)

Terkait dengan aspek keamanan, armada mobil mandiri Uber dipindahkan ke Arizona hari Kamis (22/12) setelah mereka dilarang beroperasi di jalan-jalan California.

Sebuah armada mobil mandiri Uber menuju ke Arizona hari Kamis setelah mereka dilarang beroperasi di jalan-jalan California terkait dengan kekhawatiran akan aspek keamanan.

Pengumuman tersebut dikeluarkan setelah Gubernur Arizona, Doug Ducey, lewat media sosial hari Rabu dan Kamis mempromosikan Arizona sebagai alternatif California bagi perusahaan tersebut untuk menguji coba mobil-mobil mandirinya.

Ducey, anggota Partai Republik, lewat tweetnya mempromosikan kemudahan bisnis di Arizona, dengan mengatakan Uber sebaiknya meninggalkan California dan beralih ke negara bagian yang terkenal dengan Grand Canyonnya tersebut.

Uber mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah mengalihkan mobil-mobilnya ke Arizona dan akan memperluas program perintis mobil mandirinya dalam beberapa minggu ke depan. Perusahaan tersebut belum mengumumkan tanggal pengujian mobil tersebut, atau mengungkapkan rincian tentang jumlah mobil yang disertakan. Sebelumnya Uber telah mendaftarkan 16 mobil mandirinya di California.

"Arizona menyambut mobil-mobil mandiri Uber dengan tangan terbuka dan jalanan yang terbentang lebar. Sementara California membatasi inovasi dan perubahan lewat lebih banyak lagi birokrasi dan peraturan, Arizona membuka jalan untuk teknologi baru dan peluang bisnis yang baru," ujar Ducey dalam sebuah pernyataan tertulis.

Juru bicara Ducey, Daniel Scarpinato, mengatakan Gubernur adalah pendukung kuat teknologi mobil mandiri dan model-model bisnis yang baru, dengan menandatangani perintah eksekutif bulan Agustus 2015 yang mendukung pengujian mobil-mobil mandiri di Arizona.

Uber menghadapi reaksi negatif setelah meluncurkan uji coba kendaraannya di San Francisco minggu lalu.

Otoritas Kendaraan Bermotor negara bagian California telah mengancam akan melakukan tindakan hukum apabila Uber tetap mengoperasikan mobil-mobil mandirinya di jalan, dengan mengatakan mereka tetap memerlukan izin khusus yang sama dengan 20 perusahaan lain yang menguji teknologi mobil mandiri di California.

Uber mengatakan perusahaannya tidak memerlukan izin khusus karena mobil-mobil mereka tidak cukup canggih untuk terus menerus beroperasi dalam kondisi mandiri. Namun demikian perusahaan itu terus mempromosikan mobil-mobilnya sebagai "mandiri."

Perusahaan yang terkenal dengan bisnis tumpangan kendaraannya dan para regulator negara bagian bernegosiasi selama seminggu, namun Uber menarik semua mobil-mobilnya dari jalan-jalan di California hari Rabu setelah para pejabat negara bagian mengumumkan mereka akan membatalkan izin 16 kendaraan mandiri milik Uber. [ww/dw]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG