Tautan-tautan Akses

Turki-Tiongkok Tandatangani Kesepakatan Nuklir


Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao (kiri) dan PM Turki Recep Tayyip Erdogan dalam sambutan resmi kenegaraan di Beijing (9/4).

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao (kiri) dan PM Turki Recep Tayyip Erdogan dalam sambutan resmi kenegaraan di Beijing (9/4).

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan telah menyaksikan penandatanganan dua kesepakatan nuklir dengan Tiongkok dalam lawatannya perdananya ke negara itu.

Kedua kesepakatan itu merupakan bagian dari serangkaian kesepakatan yang dibuat menyusul pembicaraan tertutup antara Erdogan dan Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao, Senin.

Para pejabat Tiongkok mengatakan keduanya juga membicarakan isu-isu internasional, termasuk Suriah.

Lawatan itu merupakan kunjungan perdana menteri Turki pertama ke Tiongkok dalam 27 tahun. Erdogan menerima sambutan resmi yang diwarnai dengan pengawalan kehormatan dan dikumandangkannya lagu kebangsaan Turki di Beijing, Senin (9/4), setelah melakukan perjalanan hari Minggu (8/4) ke kawasan Xinjiang, Tiongkok.

Kawasan yang bergejolak itu merupakan kampung halaman bagi Etnik minoritas Uighur di Tiongkok, yang terkait secara etnis dengan Turki. Turki ingin membangun zona industri di Xinjiang.

Erdogan, yang memimpin delegasi 300 pengusaha, akan mengakhiri lawatannya di Shanghai.
XS
SM
MD
LG