Tautan-tautan Akses

Turki Tuduh Pemberontak Kurdi Lakukan Pemboman Ankara


Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu (tengah) memberikan keterangan mengenai serangan bom di Ankara, Senin (14/3).

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu (tengah) memberikan keterangan mengenai serangan bom di Ankara, Senin (14/3).

Turki hari Senin (14/3) mengatakan dua anggota pemberontak Kurdi (PKK) mungkin bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di Ankara.

Turki hari Senin (14/3) mengatakan dua pemberontak Kurdi, seorang laki-laki dan perempuan mungkin bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri di Ankara yang menewaskan 35 orang dan mencederai 125 lainnya.

Setelah mengunjungi mereka yang cedera di RS Ankara, Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan, “Ada temuan yang hampir pasti dan sangat serius yang mengarah pada organisasi teroris separatis,” katanya merujuk pada Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

Ia mengatakan, “Jika organisasi teroris itu tersudut dan dikonfrontasi dengan operasi keamanan yang serius, organisasi itu melancarkan serangan-serangan semacam itu yang diarahkan langsung kepada warga sipil untuk menyeret warga agar putus asa.”

Davutoglu mengatakan pejabat telah menahan 11 tersangka yang dituduh terkait langsung dengan pengeboman itu. Pihak berwenang tidak mengumumkan nama perempuan yang dikatakan salah seorang penyerang tapi mengatakan ia lahir tahun 1992 tinggal di kota Kars, Turki timur dan bergabung dengan PKK tahun 2013. Penyerang laki-laki belum diketahui. [my/ii]

XS
SM
MD
LG