Tautan-tautan Akses

Turki Jadi Tuan Rumah Pembicaraan Nuklir Iran


Delegasi Iran dan negara-negara P5+1 melakukan pertemuan pendahuluan di Istanbul, Turki hari Jumat (13/4).

Delegasi Iran dan negara-negara P5+1 melakukan pertemuan pendahuluan di Istanbul, Turki hari Jumat (13/4).

Delegasi Iran dan negara-negara berpengaruh hari Jumat (13/4) melakukan pertemuan pendahuluan di Turki, sehari sebelum pembicaraan nuklir Iran mulai hari Sabtu.

Pertemuan pendahuluan para delegasi itu dilakukan sebelum pembicaraan resmi mengenai program nuklir Iran yang kontroversial, yang merupakan pembicaraan pertama dalam lebih dari setahun.

Iran dan wakil-wakil dari Amerika, Inggris, Tiongkok, Perancis, Jerman dan Rusia (dikenal sebagai P5 + 1) mengadakan pertemuan pendahuluan hari Jumat, sebelum pembicaraan langsung yang akan dimulai hari Sabtu di Istanbul.

Keamanan di Istambul berlangsung ketat pada pertemuan penting itu, namun para diplomat Barat tidak banyak berharap. Mereka mengatakan, yang paling dapat mereka harapkan dari perundingan putaran pertama ini adalah pembicaraan putaran berikutnya.

Penasehat Keamanan Nasional Amerika Ben Rhodes menyebut pembicaraan itu langkah pertama yang baik dalam pertemuannya dengan para wartawan. Ia juga mengatakan beban bukti ada pada Iran karena negara itu yang melanggar komitmen internasional.

Iran menghadapi sanksi-sanksi pihak Barat atas tuduhan pembuatan bom nuklir. Menurut Iran, program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

Sebelumnya pekan ini, ketua perunding nuklir Iran mengatakan negaranya akan mengajukan inisiatif baru pada pembicaraan itu, namun memperingatkan bahwa usaha Barat untuk memberikan tekanan pada Teheran akan berdampak negatif.

Saeed Jalili juga mengatakan, usaha untuk menggunakan kekerasan terhadap Iran tidak akan bermanfaat.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG