Tautan-tautan Akses

Turki Terus Lancarkan Serangan Terhadap Kamp Militan


Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu

Jet-jet tempur Turki menghantam kamp-kamp militan di Suriah dan pasukan daratnya menyerang benteng-benteng partai Pekerja Kurdistan atau PKK di Irak bagian utara hari Sabtu malam (25/7).

Kata pejabat Turki, serangan-serangan itu ditujukan untuk membuat “kawasan aman” yang luas di Suriah utara, dan operasi-operasi keamanan itu akan terus dilanjutkan selama diperlukan.

Kata Perdana Menteri Ahmet Davutoglu, operasi akan dilanjutkan selama ada ancaman terhadap keamanan Turki, dan “kami tidak akan membiarkan Turki menjadi negara tanpa hukum.”

Sumber-sumber partai PKK mengatakan, gencatan senjata yang dicapai dengan Turki tahun 2013 telah berakhir sejak jet-jet tempur Turki menghantam benteng mereka di Irak Utara. Shilan Eminoglu, wakil Partai Demokrasi Rakyat yang berafiliasi dengan PKK juga mengecam pengeboman atas kamp-kamp pengungsi Kurdi.

Serangan atas pangkalan-pangkalan PKK itu adalah serangan Turki yang pertama atas kelompok Kurdi di Irak sejak dicapainya perjanjian damai tahun 2013. Kata sebuah pernyataan pemerintah, jet-jet tempur Turki menghantam tempat-tempat perlindungan, fasilitas penyimpanan barang dan pos-pos logistik lainnya milik PKK.

XS
SM
MD
LG