Tautan-tautan Akses

Turki Tangkap 1 Tersangka Terkait Pemboman di Istanbul


Para pekerja tengah membersihkan lokasi ledakan di distrik bersejarah Sultanahmet, Istanbul, Turki (13/1).

Menteri Dalam Negeri Jerman Thomas de Maiziere, yang pergi ke Istanbul segera setelah serangan itu, mengatakan kepada wartawan, tidak ada petunjuk bahwa warga Jerman secara khusus diincar dalam serangan itu.

Seorang pejabat Turki mengatakan, Rabu, pihak berwenang telah menangkap seseorag terkait aksi pemboman bunuh diri, Selasa (12/1), di Istanbul yang menewaskan 10 orang.

Menteri Dalam Negeri Turki Efkan Ala mengatakan penangkapan itu berlangsung Selasa malam (12/1), namun tidak mengungkapkan rincian lebih jauh mengenai identitas tersangka dan kemungkinan perannya dalam serangan itu.

Ala juga mengatakan, pembom tidak masuk dalam daftar orang yang dicari Turki.

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan kepada wartawan di Berlin bahwa sedikitnya delapan warga Jerman di antara mereka yang tewas dan sembilan warga Jerman lainnya terluka.

Menteri Dalam Negeri Jerman Thomas de Maiziere, yang pergi ke Istanbul segera setelah serangan itu, mengatakan kepada wartawan, tidak ada petunjuk bahwa warga Jerman secara khusus diincar dalam serangan itu. Ia menambahkan, tidak ada alasan untuk mencegah warganya berpergian ke Turki.

Pihak berwenang Turki menangkap sejumlah tersangka militant ISIS dalam penggerebekan Rabu, termasuk tiga orang berkewarganegaraan Rusia.

PM Ahmet Davutoglu mengatakan, setelah serangan hari Selasa di lapangan Sultanahmet yang bersejarah di Istanbul, bahwa pembom adalah seorang anggota ISIS. Ia berjanji untuk memerangi kelompok militan itu hingga bukan lagi ancaman bagi Turki dan dunia. [ab]

XS
SM
MD
LG