Tautan-tautan Akses

Turki Tahan 2 Tersangka Anggota ISIS


Seorang perempuang tengah berjalan melewati penjual ornamen Natal dan Tahun Baru di Istanbul, Turki (22/12).

Seorang perempuang tengah berjalan melewati penjual ornamen Natal dan Tahun Baru di Istanbul, Turki (22/12).

Turki hari Rabu (30/12) menahan dua orang tersangka anggota ISIS yang diyakini merencanakan serangan bunuh diri terhadap perayaan Tahun Baru di ibukota negara itu.

Para pejabat Turki mengatakan tersangka ditangkap di daerah Ankara. Rencana yang dituduhkan itu melibatkan pemboman bunuh diri di tengah Ankara di mana khalayak ramai berkumpul untuk merayakan awal tahun baru.

Turki sudah siaga akan serangan sejak dua serangan bunuh diri bulan Oktober menewaskan lebih dari 100 orang dalam rapat umum para aktivis perdamaian di luar stasiun kereta api di Ankara.

Ibukota itu jauh dari perbatasan Suriah, tetapi ISIS menguasai sebagian wilayah di daerah perbatasan di sisi Suriah dan telah dapat mengangkut laskar dan perbekalan antara kedua negara.

Pemerintah Turki telah meningkatkan operasinya untuk melawan kemungkinan serangan dalam beberapa bulan ini, termasuk banyak penggrebekan anti-teror, penangkapan dan bergabung dengan kelompok negara yang melakukan serangan udara terhadap ISIS di Suriah sebagai bagian dari koalisi yang dipimpin Amerika. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG