Tautan-tautan Akses

Turki Stop Pesawat Iran untuk Periksa Isi Kargo


Pesawat kargo Iran terparkir di landasan pacu di Bandara Diyarbakir, Turki, setelah diperintahkan untuk mendarat oleh aparat setempat, Rabu (16/3).

Pesawat kargo Iran terparkir di landasan pacu di Bandara Diyarbakir, Turki, setelah diperintahkan untuk mendarat oleh aparat setempat, Rabu (16/3).

Otoritas Turki mengatakan pesawat Iran sedang dalam penerbangan ke Suriah, ketika memerintahkannya untuk mendarat untuk pemeriksaan.

Pejabat-pejabat Turki mengatakan pemerintah memaksa sebuah pesawat kargo dari Iran mendarat di Turki, agar bisa digeledah isinya.

Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan insiden tersebut terjadi Selasa malam. Otoritas Turki mengatakan pesawat Iran sedang dalam penerbangan ke Suriah, ketika aparat Turki memerintahkannya untuk mendarat di sebuah bandara di kota Diyarbakir, Turki bagian selatan. Tim penyelidik tidak menjelaskan muatan apa yang mereka temukan di pesawat dan juga mereka tidak mengatakan apakah dibutuhkan kekuatan militer.

Insiden tersebut terjadi setelah Israel mengumumkan pihaknya telah menyita kapal kargo yang diyakini menyelundupkan senjata dari Iran untuk militan Palestina di Jalur Gaza.

Pejabat-pejabat Israel mengatakan kapal tersebut tadinya berlayar dari Suriah dan singgah di Turki, sebelum dicegat di Laut Tengah.

Menurut laporan media pemerintah Iran, Komandan Militer Iran Mayor Jendral Ataolah Salehi hari Rabu mengatakan pernyataan Israel bahwa Teheran bertanggungjawab atas pengiriman senjata-senjata tersebut dibuat-buat.

XS
SM
MD
LG