Tautan-tautan Akses

Turki Paksa Pesawat Suriah Mendarat di Ankara


Pesawat-pesawat tempur Turki memaksa pesawat penumpang Suriah mendarat di bandara Esenboga, Ankara, Turki hari Rabu (10/10).

Pesawat-pesawat tempur Turki memaksa pesawat penumpang Suriah mendarat di bandara Esenboga, Ankara, Turki hari Rabu (10/10).

Stasiun pemerintah Turki mengatakan Turki telah memaksa sebuah pesawat penumpang Suriah untuk mendarat di Ankara karena dicurigai membawa senjata bagi Suriah.

Stasiun TV tersebut hari Rabu melaporkan, beberapa pesawat tempur militer Turki mencegat pesawat itu dan pihak berwenang kini memeriksa pesawat kargo di ibukota.

Pemerintah Suriah belum memberi komentar apapun atas laporan itu. Berita ini muncul setelah panglima tentara Turki mengatakan militer akan menanggapi dengan kekuatan besar jika aksi penembakan dari Suriah terus terjadi hingga ke perbatasan Turki.

Jendral Necdet Ozel menyampaikan peringatan itu hari Rabu, dalam kunjungan ke desa Akcakale di perbatasan Turki – dimana penembakan lintas batas pekan lalu menewaskan lima orang. Turki menanggapi dengan serangan balasan selama enam hari atas Suriah.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan – dalam sebuah pertemuan Organisasi Kerjasama Islam OKI – mengatakan tindakan-tindakan itu “menyakiti rasa kemanusiaan dan seluruh dunia Islam”.
XS
SM
MD
LG