Tautan-tautan Akses

Turki Kukuhkan Serangan Terhadap Pemberontak PKK di Irak


Anggota tentara pemberontak PKK melakukan latihan militer di wilayah Irak utara (foto: dok.).

Anggota tentara pemberontak PKK melakukan latihan militer di wilayah Irak utara (foto: dok.).

Pesawat-pesawat tempur Turki menyerang 60 sasaran kelompok separatis Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di wilayah Irak utara.

Militer Turki mengatakan pesawat-pesawat tempur menyerang 60 sasaran kelompok separatis Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Irak utara. Militer Turki mengatakan hari Kamis bahwa pesawat-pesawat Turki melakukan serangan itu Rabu malam. Militer mengatakan pihaknya akan melanjutkan operasi demikian sampai PKK tidak lagi berdaya.

Militer Turki mengatakan tembakan artileri Turki mengenai 168 sasaran di daerah itu sebelum operasi udara itu.

Serangan militer itu terjadi beberapa jam setelah pemberontak PKK menyerang sebuah konvoi militer di Turki, menewaskan paling sedikit delapan tentara Turki dekat perbatasan dengan Irak.

Serangan itu menandai serangan lintas perbatasan Turki yang pertama dalam satu tahun. Laporan media mengatakan serangan udara itu mengenai sejumlah pangkalan, pertahanan anti pesawat dan tempat persembunyian pemberontak di daerah Kandil dan Zap, antara lain.

Menteri Pertahanan Turki Ismet Yilmaz hari Rabu bertekad akan melakukan pembalasan terhadap PKK karena serangannya terhadap militer Turki.

XS
SM
MD
LG