Tautan-tautan Akses

Turki Kirim Tank dan Kendaraan Militer ke Perbatasan Irak


Tentara Turki duduk di atas tank di Gaziantep, Turki selatan (foto: ilustrasi). Turki mulai menempatkan tank dan kendaraan-kendaraan lain ke dekat perbatasan Irak.

Tentara Turki duduk di atas tank di Gaziantep, Turki selatan (foto: ilustrasi). Turki mulai menempatkan tank dan kendaraan-kendaraan lain ke dekat perbatasan Irak.

Menhan Turki, Fikri Isik mengatakan Selasa (1/11), pengerahan itu merupakan tanggapan terhadap “perkembangan penting di kawasan”.

Menteri Pertahanan Turki hari Selasa (1/11) mengatakan sedang membuat persiapan untuk menghadapi “segala kemungkinan” setelah militer mulai menempatkan tank dan kendaraan-kendaraan lain ke perbatasan negaranya dengan Irak.

Fikri Isik mengatakan pengerahan itu merupakan tanggapan terhadap “perkembangan penting di kawasan”, termasuk beberapa peristiwa di negara tetangganya Irak dan juga pertempuran Turki melawan pemberontak Kurdi.

“Di satu sisi ada perjuangan serius melawan teroris di dalam wilayah Turki, di lain pihak ada perkembangan penting di sisi lain perbatasan”, ujar kantor berita Anadolu mengutip Fikri Isik. “Turki melakukan persiapan untuk menghadapi segala kemungkinan”.

Media pemerintah Turki – mengutip sumber-sumber militer yang tidak disebut namanya – melaporkan bahwa tank-tank dan kendaraan militer itu dipindahkan dari Ankara dan di propinsi Cankiri di dekatnya, ke kota perbatasan Silopi.

Pengerahan tank-tank dan kendaraan militer itu dilakukan beberapa hari setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan memperingatkan bahwa Turki akan mengamati secara seksama perilaku milisi Syiah di Irak bagian utara dan berupaya melindungi hak-hak warga Turkmens di sana. Erdogan mengatakan Turki akan mengambil tindakan militer jika kelompok milisi Syiah itu “meneror” warga Turkmen di kota Tal-Afar. [em/ds]

XS
SM
MD
LG