Tautan-tautan Akses

Pejabat Turki: Hubungan dengan AS 'Pendekatan Saling Menguntungkan'


Kepala hubungan internasional Turki, Ayse Sozen Usluer (foto: dok).

Kepala hubungan internasional Turki, Ayse Sozen Usluer (foto: dok).

Kepala hubungan internasional Turki, Ayse Sozen Usluer, mengatakan hal itu dalam sebuah wawancara hari Kamis (21/7).

Kepala hubungan internasional Turki, Ayse Sozen Usluer, menjelaskan hari Kamis (21/7) bahwa hubungan Turki - AS tidak akan terpengaruh oleh kudeta yang gagal minggu lalu dan Turki akan mengambil "pendekatan saling menguntungkan" untuk diplomasi antara kedua negara.

Usluer berbicara hari Kamis dengan VOA untuk membahas strategi Turki, menyusul kudeta yang gagal tanggal 15 Juli oleh anggota militer Turki.

Hubungan AS-Turki masih tegang setelah kudeta , karena adanya tuduhan dari para anggota Partai AK Turki yang berkuasa, melalui pernyataan di media sosial, mengenai keterlibatan Amerika dalam upaya kudeta militer itu. Usluer menjauhkan presiden dari tuduhan itu.

Tapi Usluer berkeras, Turki akan terus bekerja sama dengan Amerika. "Kudeta itu tidak akan mempengaruhi hubungan Turki-A.S. Saya pikir kerjasama kami akan berlanjut, terutama dalam perjuangan kita melawan ISIS," katanya.

Usluer menjelaskan, pendekatan pragmatis negara itu dan menyebutnya sebagai "sama-sama menguntungkan" di mana kedua pihak mendapat keuntungan. Ungkapan itu digunakan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan ketika ia menjadi perdana menteri untuk menjelaskan kebijakan luar negeri pada tahun-tahun awal pemerintahannya, ketika Turki memperbaiki hubungan dengan negara-negara tetangganya, termasuk Suriah.

Analis menduga bahwa krisis di Turki mengancam hubungan AS - Turki, ketika Presiden Turki Erdogan meminta Amerika menyerahkan musuh lamanya, Fethullah Gulen, seorang pengkhotbah Islam yang tinggal di pengasingan di Amerika.

Gulen membantah terlibat dalam rencana kudeta militer untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Erdogan, dan mengisyaratkan bahwa kudeta itu mungkin telah diatur sebagai siasat untuk menangkapnya. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG